Kamis, 23 Mei 2019

Penantian Panjang Martinez

Kepergian Petr Cech setelah final Europa League nanti menyisakan satu tempat untuk menjadi pesaing Bernd Leno dalam menjaga gawang Arsenal. David Ospina musim lalu juga sudah resmi di jual ke Napoli. Lalu siapa yang menjadi pesaing Leno untuk posisi penjaga gawang utama ?

Emiliano Martinez !
Bisa dibilang Emiliano Martinez ini kiper yang paling loyal dan sabar dalam bersaing untuk mengisi posisi di bawah mistar Arsenal. Martinez datang ke Arsenal sebenarnya sudah sejak 2010 silam. Namun Martinez bermain bersama Youth Team terlebih dahulu hingga 2012.
Martinez sudah sangat kenyang pengalaman, karena memang sudah beberapa kali di pinjamkan ke berbagai klub di Inggris. Terhitung sudah ada 6 klub yang pernah menggunakan jasanya, 5 tim asal Inggris dan 1 Spanyol (Getafe 17/18). Namun dari semua masa peminjamanya, tak sekalipun Martinez bermain lebih dari 20 laga. Ini juga memang menandakan bahwa Martinez hanya sekelas kiper kiper cadangan lainya. Image yang sudah melekat kepada Martinez sejak menjadi langganan loan Arsenal. Hanya musim 2016-2017 saja Martinez berhasil bertahan tanpa di pinjamkan, tapi tidak mendapat kesempatan sekalipun bermain untuk Arsenal.

Loan on Reading 2018/2019
Martinez kembali di pinjamkan ke Reading pada bulan Januari. DI sini Martinez benar-benar mendapat kesempatan yang layak. Hingga musim Divisi Championship berakhir, Martinez bermain 19 kali untuk Reading. Rataan save per match Martinez mencapai 4.1, itu berarti dalam setiap pertandinganya Martinez minimal melakukan 4-5 saves. Dalam 19 kali penampilanya bersama Reading, Martinez berhasil menorehkan catatan 4 kali cleansheet . Reading hanya finish di peringkat 20 dan memiliki -17 gol different.
Martinez juga sudah mengucapkan salam perpisahan kepada fans Reading, yang menandakan bahwa dia akan segera kembali berseragam Arsenal untuk musim mendatang. Kontrak Martinez juga masih tersisa 4 musim lagi bersama Arsenal

Kesabaran berbuah hasil ?
Musim depan Martinez akan kembali berseragam Arsenal. Tentu saja kali ini poisinya sedikit lebih ringan, karena praktis Martinez hanya tinggal bersaing dengan Bernd Leno saja. Mengingat musim depan Cech juga sudah pensiun, dan Arsenal butuh kiper untuk pelapis Leno yang mungkin saja sudah pasti menjadi kiper reguler untuk Arsenal di musim mendatang. Dan mungkin kiper ke 3 Arsenal musim depan akan di isi oleh Dejan Iliev, kiper 23 tahun asal Macedonia.
Apakah kesabaran Martinez kali ini akan berbuah hasil dengan kemungkinan waktu bermainya lebih banyak untuk Arsenal musim depan ? setidaknya Martinez bisa bermain di ajang FA Cup atau Carabao Cup. Dan jika Arsenal berhasil menjuarai Europa League, otomatis Arsenal juga sudah langsung lolos ke Liga Champions, yang memungkinkan Emery untuk merotasi kiper seperti di Europa League, meskipun atmosfer dari Liga Champions dan Europa League sangat jauh berbeda. Martinez benar-benar bisa menjadi pelapis Leno untuk musim mendatang.
Akan tetapi jika Arsenal tidak mendatangkan kiper baru. Sejauh ini belum ada rumor bahwa Arsenal membutuhkan kiper baru untuk pelapis Leno. Bagaimana menurut kalian ? apakah Martinez sudah pantas berada di tim reguler Arsenal ? apakah Martinez harus dipinjamkan (lagi) dan Arsenal membeli kiper baru lagi ? Martinez sekarang sudah menginjak usia 26 tahun, dimana usia yang sudah cukup matang untuk menjadi penjaga gawang utama. Semoga kesabaranmu selama ini berbuah hasil Emi !

writer : IG @gerryknoxvilee

Tidak ada komentar:

Posting Komentar