Jumat, 11 September 2020

DERBY LONDON DI PEKAN PERTAMA

DERBY LONDON DI PEKAN PERTAMA

Akhir pekan ini Arsenal akan memainkan laga pertamanya di Premier League melawan Fulham di Craven Cottage, Sabtu 12/09/20. Untuk Arsenal sendiri ini kali kedua mereka mengawali liga di kandang lawan, setelah di musim sebelumnya melawat ke St James’ Park, kandang dari Newcastle United.

Lawan Arsenal sendiri adalah Fulham, klub promosi yang lolos berkat kemenangannya di final play off Championship mengalahkan Brentford FC dengan skor tipis 2-1 di babak perpanjangan waktu. Fulham sendiri tidak bisa dianggap remeh, pasalnya hanya berselang satu tahun pasca terdegredasi di musim2018/2019, mereka berhasil kembali lagi ke kasta tertinggi Liga nggris. Bersama Leeds dan West Brom, Fulham siap memberikan kejutan di Premier League musim ini.

Statistik Fulham 2019/2020

Laga yang akan terjadi di Craven Cottage Sabtu ini sepertinya akan berjalan dengan keras. Berdasarkan statistik yang ada pada kejuaraan Championship musim lalu, Fulham menjadi tim yang paling banyak melakukan pelanggaran dengan torehan 93 kartu kuning dan lima kartu merah. Ya, bisa dibilang permainan Fulham arahan Scott Parker banyak melakukan kontak fisik sehingga melahirkan banyak kartu. Tentunya permainan fisik seperti ini harus dihindari Arsenal, mengingat banyak pemainnya yang rentan cedera. Untuk musim ini saja sudah banyak pemain pemain yang absen di pekan pertama akibat cedera.

Berkaca dari musim lalu performa Fulham bisa dibilang lumayan bagus. Dari 46 laga, Fulham meraih 23 kemenangan, 12 hasil imbang, dan 11 kekalahan. Selain itu selama jalanya Championship, Fulham mengemas 64 gol dan hanya kebobolan 48 gol. Angka kebobolannya ini menempati peringkat keempat klub yang kebobolan lebih sedikit dari 23 tim Championship lainnya. Dengan torehan tersebut Fullham menempati peringkat keempat klasemen Championship dengan raihan 81 poin, terpaut 12 poin dari sang juara, Leeds United.

Pemain Kunci Fulham

Bila melihat performa dari Fulham musim ini tentu tidak terlepas dari performa para punggawanya. Salah satu contohnya adalah produktivitas Fulham musim lalu yang dimotori oleh Aleksandar Mitrovic. Tentu Fulham tidak akan sampai pada level yang sekarang bila bukan karena peran Mitrovic. Top skor Chamionship musim lalu itu menorehkan 26 gol dari 64 gol yang dicetak oleh Fulham. Ya walaupun Aubameyang memiliki catatan yang lebih Impresif (27 gol) tentu ancaman Mitrovic ini tidak boleh dianggap remeh. Terlebih Arsenal selalu mengalami masalah di lini belakangnya, ya semoga saja di laga ini performa barisan pertahanan Arsenal dapat meredam keganasan Mitrovic.

Selain Mitrovic, satu nama yang perlu diwaspadai adalah Tom Cairney. Pria Skotlandia berusia 29 tahun itu merupakan penjaga keseimbangan lini tengah Fulham. Dikutip dari Whoscored ia mencatatkan 41 laga dengan torehan delapan gol dan tiga assist. Akurasi passingnya pun mencapai 89,7% lebih baik dari semua pemain Fulham lainnya, Selain itu, catatan (1.9) umpan kunci dan (59.4) operan per laga menjadikan Cairney sebagai jenderal lini tengah dari Fulham. Berkat kematangannya itu tidak heran bila Cairney ditunjuk sebagai kapten dari Fulham. Tentunya ini akan menarik melihat bagaimana duel antara Cairney dan Xhaka dalam mengatur lini tengah pada laga hari ini.

Bergeser ke lini pertahanan, terdapat nama Joe Bryan, pencetak dua gol di final play off Agustus kemarin. Joe Bryan sendiri merupakan left back yang perannya sangan penting untuk Fulham. Hal ini terbukti dari tidak pernah absennya Bryan di tiap laga yang ia jalani musim lalu, total 46 laga ia arungi bersama The Cottagers. Dari penampilannya itu, ia mencatat tiga gol dan tujuh assist. Statistik defensifnya pun cukup impresif, di tiap laganya rata-rata ia mencatatkan (2.6) tekel dan (1.1) intersep. Menandakan betapa hebatnya Joe Bryan saat bertahan. Catatannya bahkan lebih baik dari David Luiz musim lalu (0.8 tekel dan satu intersep perlaga).

Head to Head

Secara head to head Arsenal lebih diunggulkan. Dari lima laga terakhir yang dijalani, Arsenal berhasil menyapu bersih seluruh kemenangan atas Fulham. Pertemuan terakhir mereka ada di tahun 2019, tepatnya saat Arsenal berhasil mengalahkan Fulham 4-1 di Emirates Stadium. Setelahnya Fulham harus rela untuk terdegredasi setelah meraih akhir minor di sisa laga musim 2018-2019.

20 Apr 2013 Fulham 0-1 Arsenal

24 Aug 2013 Fulham 1-3 Arsenal

18 Jan 2014 Arsenal 2-0 Fulham

07 Oct 2018 Fulham 1-5 Arsenal

01 Jan 2019 Arsenal 4-1 Fulham

Ya menarik kita tunggu bagaimana kekuatan dari Fulham era Scott Parker ketika melawan Arsenal. Di atas kertas, Arsenal lebih diunggulkan dalam laga kali ini. Namun, menilik dari kekalahan di laga uji coba melawan Aston Villa tentu membuat Arsenal harus waspada dengan determinasi dari Fulham.


Ditulis oleh: Robby Arsyadan


Referensi: Whoscored

Tidak ada komentar:

Posting Komentar