Minggu, 13 September 2020

REVIEW: ARSENAL VS FULHAM

REVIEW: ARSENAL VS FULHAM

Arsenal berhasil menang meyakinkan melawan Fulham dengan skor 3-0 pada laga perdana Premier League, Sabtu 12/09/2020 di Craven Cottage. Arsenal membuka keran golnya melalui Alexandre Lacazette pada menit ke delapan. Memanfaatkan kemelut gawang, Lacazette dengan mudah menceploskan bola ke gawang Fulham yang dijaga Marek Rodak. Gol kedua lahir dari bek anyar Arsenal, Gabriel Magalhaes. Sepak pojok yang dikirimkan Willian di sisi kiri gawang Fulham, dapat dituntaskan dengan baik dengan sundulan Magalhaes melewati sela-sela kaki Rodak. The Cottagers makin terpuruk saat Aubameyang berhasil mencetak gol ketiga Arsenal. Gol Aubameyang ini mengingatkan kita dengan laga Community Shield yang dihelat akhir Agustus lalu. Dengan hasil ini, Arsenal sementara memuncaki klasemen Premier League. Sementara Fulham berada diposisi buncit dengan selisih gol minus tiga.

Kemenangan Arsenal bisa dibilang berkat kolektivitas tim ini dalam menyerang maupun bertahan. Tentu hal ini tidak lepas dari formasi 3-4-3 Arteta yang makin padu diterapkan pada Arsenal. Ditambah, kedatangan pemain-pemain baru seperti Willian dan Magalhaes tentu menambah kualitas dari tim ini. Bila dilihat dari statistik pada laga semalam, Arsenal memang sangat dominan saat menyerang. Total Arsenal melancarkan 13 tendangan dengan enam diantaranya tepat sasaran. Berbanding terbalik dengan Fulham yang hanya melancarkan lima tendangan dengan dua diantaranya diselamatan Bernd Leno dan sisanya tidak tepat sasaran.

Tentunya agresivitas Arsenal ini berkat distribusi bola dari lini pertahanan Arsenal. Ya, bisa dibilang lini pertahanan memainkan peran penting dalam distribusi bola pada laga kali ini. Total pemain belakang Arsenal mencatatkan minimal 100 sentuhan, terbanyak dibandingkan pemain Arsenal lainnya. Bek anyar Arsenal, Gabriel Magalhaes, memainkan peran penting pada skema build-up di lini pertahanan Arsenal. Dia mencatatkan akurasi passing mencapai 95%, hanya kalah dari Willian (96%). Selain Gabriel, pemain lainnya seperti Tierney (86%), Holding (90%), Xhaka (93%) dan Elneny (95%) bermain sama baiknya dalam melakukan build-up dari lini pertahanan. Hal ini tentunya memudahkan Auba, Lacazette dan Willian dalam berkreasi di lini depan.

Selain pintar dalam membangun serangan, lini pertahanan Arsenal tampil cukup solid dengan catatan impresif selama laga. Tentunya bukan hanya lini pertahanan, melainkan seluruh skuat secara kolektif membantu pertahanan. Wajar saja, dalam formasi 3-4-3, sisi sayap akan lebih turun sehingga membentuk formasi 5-4-1. Ya, dengan adanya lima bek dan empat gelandang di tengah, sangat sulit untuk pemain lawan menembus barisan pertahanan Arsenal. Dengan pertahanan seperti ini, Arsenal mencatatkan 12 tekel dan 11 clearences. Ditambah dengan adanya penjaga gawang sekelas Bernd Leno, menambah solid nya lini pertahanan Arsenal. Hal ini berbuah Cleansheets perdana Leno di musim 2020/2021.

Ya, walaupun Arsenal bermain dengan solid dan kolektif, tentu terdapat aktor dibalik kemenangan telak Arsenal kontra Fulham, semalam. Jujur saja, penulis sendiri bingung untuk memilih siapa yang menjadi Man of the Match di laga semalam. Terdapat dua pilihan, antara Gabriel Magalhaes dan Willian. Kedua pemain itu tampil sama baiknya di laga perdananya berkostum Arsenal. Untuk Willian sendiri di laga semalam tampil dengan luar biasa, ia menghidupkan lini serang Arsenal dengan umpan-umpan akuratnya. Total di laga semalam ia mencatatkan akurasi passing sebesar 96%, tujuh umpan ke sepertiga lapangan, tiga chance created, dan empat umpan silang yang mana membuahkan dua assist di laga ini. Sementara Magalhaes kokoh dalam menjaga pertahanan Arsenal. dua tekel, tiga sapuan, lima ball recoveries membuahkan cleansheet untuk kubu Arsenal. Mungkin nilai lebih untuk Magalhaes karena selain bertahan, ia ikut ambil andil dalam build-up Arsenal. Jangan lupakan dengan gol perdananya untuk kubu Arsenal, menyamai rekor Vermalen yang menjadi bek debutan Arsenal yang mencetak gol. Mungkin dengan catatan ini gelar Man of the Match patut diberikan untuk Magalhaes.

Kemenangan ini tentunya sangat berharga untuk Arsenal. Kemenangan perdana di laga tandang tentu menjadi suntikan moral yang baik untuk anak asuh Arteta mengawali musim 2020/2021. Namun janganlah kita terlalu cepat jumawa, masih banyak laga penting yang menanti di mingu-minggu berikutnya, Laga selanjutnya Arsenal akan menjamu West Ham di Emirates Stadium. Tentunya kita berharap Arsenal dapat terus melanjutkan tren positif ini di laga selanjutnya.


Ditulis oleh: Robby Arsyadan


Referensi: Whoscored 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar